Lapas Kelas III Arjasa, Butuh Anggaran Untuk Membangun Sarana Dan Prasarana

Jurnal Sekilas – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Arjasa pulau kangean perlu diperhatikan untuk pembangunan Sarana dan prasarana yang memadai.

Dalam menunjang seluruh kegiatan yang ada di dalam Lapas, perbaikan sarana dan prasarana merupakan faktor utama sebagai pendukung dalam meningkatkan kualitas kinerja yang dihasilkan.

Kondisi lingkungan kerja menjadi aspek yang sangat penting untuk mencapai kinerja yang lebih optimal, kata Ainur Kasubsi Kamtib lapas Arjasa.

Maka dari itu Lapas Arjasa terus berbenah melakukan perbaikan dan peningkatan sarana prasarana dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada di dalam Lapas, termasuk para Narapidana yang sedang menjalani hukumannya.

Kendati demikian, sumber daya manusia yang dimiliki Lapas selain pegawai adalah, Napi atau Warga Binaan Pemasyarakatan itu sendiri. Dengan memberdayakan Warga Binaan untuk tujuan yang baik sebagai, teman sekerja, maka setiap pekerjaan baik itu berupa pekerjaan yang berkaitan dengan program pembinaan dan pelatihan kemandirian akan berjalan dengan lancar.

Lembaga pemasyarakatan kelas III Arjasa adalah salah satu Lembaga Pembinaan dengan segala kesederhanaannya, terus melakukan perubahan dalam pengelolaan sumberdaya manusia yang dimiliki.

Yang paling diutamakan dalam memberdayakan Napi. Yaitu Dengan mengutamakan Sentuhan Kemanusiaan, memberikan rasa aman serta mengutamakan pendekatan dengan cara yang baik terhadap Napi, adalah prinsip yang terus dipegang, untuk memberdayakan Napi yang ada ,demi kemajuan lapas kedepannya.

Untuk kedepannya dalam membangun Lapas Arjasa, baik pembangunan secara fisik juga pembangunan sumber daya manusianya. Harapan saya kedepannya Lapas Arjasa dapat dipandang dari kualitas dan capaian kinerja yang dihasilkan sangat baik, dengan kerjasama yang baik, setiap sumber daya manusia yang kita miliki, saya yakin itu akan tercapai.

Beberapa pencapaian yang berhasil dilakukan oleh Lapas Arjasa. Pembangunan Asrama (Rumah tinggal pegawai lapas) yang sebelumnya tidak layak huni, sekarang sudah bisa ditempati, dan pagar rumah dinas tersebut sudah terbangun, walaupun pagarnya dari bambu. kata Ainur.

Yang lebih menarik lagi, dalam lapas Arjasa tersebut, pihak lapas mengadakan pengajian untuk siraman rohani terhadap napi atau warga binaan, dimana penceramanya didatangkan dari luar lapas, hal itu dilakukan seminggu sekali oleh pihak lapas.

Bukan hanya itu saja, Napi atau warga binaan penghuni lapas tersebut, banyak yang memiliki ahli dalam bidang seni ukir, dan trampil untuk memperbaiki mesin Elekronik.

Rahman salah satu warga binaan dilapas tersebut, mengaku senang banyak kegiatan yang dilakukan oleh lapas, yang melibatkan warga binaan dalam pekerjaannya, karena hal tersebut dapat mengurangi rasa kebosanan dalam lapas.

Yang paling disayangkan kata Rahman, yaitu dalam pembuatan seni ukir kayu, yang dibuat dari potongan tunas kayu jati, yang hasilnya sangat bagus dan bila dijual maka harganya akan mahal, namun disayangkan alat untuk mengukirnya tidak memadai, kata Rahman warga binaan tersebut.

Untuk pembenahan terhadap sarana-prasarana yang ada didalam Lapas, akan dapat berjalan dengan baik dan maksimal, dibutuhkan anggaran yang cukup dari pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.

Untuk sementara ini bantuan untuk membangun sarana dan prasarana dalam lapas tersebut, dari pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, belum pernah ada.

Selain itu lapas Arjasa perlu adanya penambahan pegawai, untuk penjagaan yang lebih kuat, kata Ainur selaku Kasubsi Kamtib, diakhir perbincangannya kepada wartawan. (Wis)

Penulis: WiswantoEditor: Tammo

Respon (3)

  1. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your website offered us with valuable information to work on. You’ve done an impressive job and our entire community will be thankful to you.

  2. What i do not understood is if truth be told how you are not actually a lot more well-liked than you might be right now. You are so intelligent. You already know thus significantly in relation to this subject, made me personally imagine it from so many numerous angles. Its like men and women are not involved except it¦s one thing to accomplish with Woman gaga! Your own stuffs nice. Always take care of it up!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *