Kapal Pengangkut Penumpang, Kalianget – Kangean Perlu di Benahi

Jurnal sekilas -Sumenep merupakan Kabupaten yang memiliki beberapa kepulauan yang
membutuhkan sarana transportasi sebagai penghubung wilayah kepulauan dan daratan.Perusahaan yang menyediakan sarana transportasi laut tersebut adalah PT. Sumekar danPT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) serta kapal Perintis  (TOL Laut ) milik Pemerintah Pusat

Masyarakat yang  berasal dari kepulauan sangat mengharapkan ada fasilitas yang layak, walau pada umumnya penumpang yang bepergian dari pulau kangean ke Sumenep, diatas kapal, penumpang  tak lepas dari tumpukan barang bawaan, sehingga hal tersebut mengganggu kepada penumpang lain.

Diharapkan kepada pihak pengelola Kapal Sumekar III perlu perbaikan Toilet, seringkali penumpang yang naik kapal Sumekar III kecewa, karena toiletnya hampir tidak bisa dipakai semua. Hal yang serupa terjadi , dikapal Perintis ( TOL Laut ).

Hidayat penumpang kapal sumekar III , yang berasal dari pulau Kangean mengatakan, seringkali toilet untuk penumpang rusak, sehingga kalau mau buang air besar  dan kencing  sangat susah ,dan aromanya  tak sedap membuat saya muntah. Bukan hanya itu saja,Kasur tidur yang disediakan untuk penumpang, perlu diawasi oleh ABK kapal, karena satu penumpang memakai lebih dari satu kasur. Hal tersebut merugikan penumpang yang lain, sehingga banyak penumpang yang menggelar tikar dan tidur dekat deck-deck kapal, dan kasihan sama mereka kalau hujan pada berlarian menghidari air hujan, dan akhirnya menumpuk depan pintu – pintu  kapal. kata dayat.

Lebih lanjut Hidayat menceritakan ,bahwa dalam kapal sumekar III perlu ada tambahan kipas angin, karena penumpang sering mengelu kepanasan, hal serupa juga terjadi sama kapal Perintis ( TOL Laut ), ungkap hidayat diakhir pembicaraanya kepada wartawan media ini.   ( red )

Penulis: Tammo hidaayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *